ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKAATUH ...

Daftar Isi My Blog

21.9.16

CERAMAH 1 MUHARRAM-MAKNA HIJRAH

MAKNA HIJRAH DAN CARA MUHASABAH DIRI


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

إِنَّ الْحَمْدَ لله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بالله مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ الله فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إلهَ إلا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
Yang Kami Hormati:

  1. Bapak Bupati ...................................beserta jajarannya .....................................
  2. Bapak Ketua DPRD ............................................................................................
  3. Bapak dan Ibu Unsur Muspida ...........................................................................
  4. Kepala Dinas, Instansi Pemerintahan, Pimpinan TNI dan Polri serta Pimpinan Perusahaan dan ....................................................................................................
  5. Para Tokoh Masyarakat, Agama, dan Tokoh pemuda di ....................................
  6. Para Hadirin yang tidak bisa disebutkan satu persatu yang berbahagia

Puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt, Tuhan sang pencipta Alam Semesta, Tuhan yang Maha Agung, Maha Arif dan bijak sana yang mengatur segala sesuatu dan tak pernah Lena, karena hanya dengan berkat dan perkenanNya jualah kita pada hari ini dapat memperingati Tahun Baru Islam 1438 Hijriah. Karena itu sudah sepantasnya kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt. seraya memohon dan berdoa semoga peristiwa ini mendapatkan berkah dari-Nya. Selanjutnya Sholawat serta salam kita sanjungkan kepada Nabi Kita Muhammad Saw, semoga kita senantiasa istiqomah terhadap ajaran-ajaran beliau dan nantinya di yaumul akhir kita mendapat syafaat dari beliau. Amiin.
Hadirin dan hadirat yang Insya Allah dirahmati Allah !

Pertama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Swt, atas curahan rahmat yang diberikannya kepada kita, semenjak berada di rahim ibu, lalu ibu melahirkan kita ke alam dunia yang fana ini dengan susah payah, menyusui dengan susah payah pula, membesarkan dan mendidik dengan penuh kasih sayang sampai akhirnya kita dalam keadaan kita masing-masing sekarang. Semoga kita digolongkan kepada golongan orang-orang yang selalu bersyukur nikmatNya, dapat menghormati dan berbuat baik kepada para pahlawan yang berjasa dan selalu berada pada jalan yang diridlai-Nya.
            Shalawat dan salam kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW. Yang telah membebaskan kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan, dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang, dari zaman Siti Khodijah menuju Zaman Siti Nur Kholijah, dari zaman Ibu Fatimah menuju zaman Ibu Kita Kartini, berkat jasa beliau Islam tersebar di penjuru dunia. Berkat Jasa beliau pula kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Hadirin dan hadirat yang Insya Allah dirahmati Allah !

Pada hakekatnya hijrah dalam Islam merupakan suatu hijrah yang berupa perpindahan atau suatu perubahan dari suatu asal menuju suatu tujuan yang di nilai lebih baik dari asalnya. Hijrah ini sesuai jika dilihat secara bahasa yang artinya meninggalkan. Makna ini mengandung arti bahwa seseorang dikatakan hijrah jika ada sesuatu yang ditinggalkan dan ada sesuatu yang dituju (Sasaran=tujuan). Kedua hal ini harus dipenuhi oleh seseorang yang berhijrah.
Dalam Siroh Nabi Muhammad SAW kita ketahui bahwa Rasulullah SAW dan Para Sahabat berhijrah dari Mekkah ke Madinah, yakni saat itu hijrah untuk meninggalkan tempat yang tidak kondisuf untuk berdakwah atau mengadakan Syiar Islam. Kemudian peristiwa hijrah itulah yang dijadikan dasar umat Islam sebagai permulaan tahun Hijriyah.
Penetapan Tahun Hijriyah ditetapkan pertama kali oleh Khalifah Umar bin Khatab RA, sebagai jawaban atau surat Wali Abu Musa Al-As’ari. Khalifah Umar menetapkan Tahun Hijriyah Kalender Tahun Gajah, Kalender Persia untuk menggantikan penanggalan yang digunakan bangsa Arab sebelumnya, seperti yang berasal dari tahun Gajah, Kalender Persia, Kalender Romawi dan kalender-kalendar lain yang berasal dari tahun peristiwa-peristiwa besar Jahiliyah. Khalifah Umar memilih peristiwa Hijrah sebagai  taqwim Islam, karena Hijrah Rasulullah Saw dan para sahabat dari Mekkah ke Madinah merupakan peristiwa paling monumental atau bersejarah dalam perkembangan dakwah.
Jika dilihat dari substansi tujuan dari Hijrah itu sendiri maka secara garis besar hijrah dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu:
1.        Hijrah Makaniyah : Yaitu meninggalkan suatu tempat. Hijrah makaniyah yang pernah dilakukan oleh Rasul Allah dan Sahabat-sahabatnya, terdapat beberapa jenis Hijrah yaitu:
·         Hijrah Rasulullah Saw dari Mekah ke Habasyiyah.
·         Hijrah Rasulullah Saw dari Mekah ke Madinah.
·         Hijrah dari suatu negeri yang didalamnya didominasi oleh hal-hal
yang diharamkan.
·         Hijrah dari suatu negeri yang membahayakan kesehatan untuk menghindari penyakit menuju negeri yang aman.
·         Hijrah dari suatu tempat karena gangguan terhadap harta benda.
·         Hijrah dari suatu tempat karena menghindari tekanan fisik
·         Seperti hijrahnya Ibrahim as dan Musa as, ketika Beliau khawatir akan gangguan kaumnya.
Sebagaimana tercantum dalam al-Qur’an: “Berkatalah Ibrahim: “Sesungguhnya aku akan berpindah ke (tempat yang diperintahkan). Tuhanku, Sesungguhnya Dialah yang Maha perkasa lagi Maha Bijaksana (Qs. Al-Ankabuit, 29:26).
Maka keluarkanlah Musa dari kota itu dengan rasa takut menunggu-nunggu dengan khawatir, dia berdo’a “Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu (Qs. Al-Qashah, 2:21).

Saudara-saudara yang Insya Allah dirahmati Allah!

Selanjutnya makna hijrah kedua adalah:
2.        Hijrah Maknawiyah
Secara maknawiyah hijrah dibedakan menjadi 4 macam, yaitu:
a.    Hijrah I’tiqadiyah
Yaitu hijrah keyakinan. Iman bersifat pluktuatif (Zid Wayankusu)yakni terkadang bertambah atau naik dan terkadang turun. Jika saat naik menuju puncak keyakinan mu’min sejati, tetapi kadang pula melemah atau turun mendekati kekufuran, dan saat melemah iman juga bersifat sinkretis, bercampur dengan keyakinan lain mendekati memusyrikan, dalam konteks psikologi biasa disebut dengan konversi keyakinan agama. Saat itulah hijrah diwajibkan bagi kita, agar kita tidak terperosok dalam kenegatifan.
b.    Hijrah Fikriyah
Fikriyah secara bahasa berasal dari kata fiqrun yang artinya pemikiran. Seiring perkembangan zaman, kemajuan teknologi dan derasnya arus informasi, seolah dunia tanpa batas. Berbagai informasi dan pemikiran dari belahan bumi bisa secara oline kita akses.
Pada zaman sekarang ini, sebenarnya telah terjadi perang pemikiran. Peperangan yang ada tapi tak disadari keberadaannya oleh kebanyakan manusia gendang perang telah dipukul dalam medan yang namanya “Ghoswul Fikr”. Karena itu kita harus mengevaluasi diri kita apakah kita sudah kalah dan tertangkap oleh musuh atau belum, untuk itu kita perlu mengevaluasi dengan cara kembali kepada ajaran-ajaran Islam yang murni.
Rasullah Saw pernah bersabda: “Umatku niscaya akan mengikuti sunan (budaya, pemikiran, tradisi, gaya hidup) orang-orang sebelum kamu, sejengkal demi sejengkal, sehasta-demi sehasta, sehingga mereka masuk ke lubang biawak pasti umatku mengikuti mereka. Para sahabat bertanya: Ya Rasulullah apakah mereka itu orang-orang Yahudi dan Nasrani ? Rasulullah menjawab: Siapa lagi kalau bukan mereka.
c.    Hijrah Syu’uriyyah
Syu’uriyah atau cita rasa, kesenangan, kesukaan dan sejenisnya, semau yang ada pada diri kita seiring terpengaruhi oleh nilai-nilai yang kurang Islami Banyak hal seperti hiburan, musik, bacaan, gambar/hiasan, pakaian, rumah, idola semua hal yang jauh dari nilai-nilai Islami. Misalnya mode pakain, makanan dan minuman ala gaya kaum jahiliyah. Jika kita sudah mengikuti gaya-gaya kaum jahiliyah hendaknya kita segera  berhijrah dan menjauhi kebiasaan-kebiasaan ala kaum tersebut.
d.   Hijrah Sulukiyyah  
Suluk berarti kepribadian atau kebiasaan atau prilaku yang juga disebut akhlaq. Dalam perjalanannya ahklaq dan kepribadian manusia tidak terlepas dari degradasi dan pergeseran nilai. Pergeseran kepribadian dari akhlaqul karimah menuju kepribadian tercela akhlaqul sayyi’ah (akhlaqul Majmumah). Karena itu tidak heran dan aneh jika di masyarakat bermuculan berbagai tindak moral dan asusila. Pemerkosaan, perampokan, penodongan, pencurian, pembunuhan, pelecehan, penghinaan, penganiyaan dan lain sebagainya seolah-olah sudah menjadi kebiasaan di masyarakat kita. Korupsi, prostitusi dan manipulasi hampir bisa ditemui di berbagai kota dan daerah.
            Sebagai moment memperingati hijrah ini, sangat tepat jika kita mengoreksi akhlaq dan kepribadian dari diri kita masing-masing untuk menghijrahkan diri kita kepada akhlaq yang mulia.
            Mengoreksi atau mengintropeksi diri merupakan suatu yang harus dilakukan bagi orang yang mengaku dirinya beriman Kepada Allah Swt dan Hari Kiamat, sehingga akan mendapatkan suatu ganjaran dari Allah di hari akhir nanti. Sebagaimana Hadits Rasul yang berbunyi:
إِنَّمَا يَخِفُّ الحِسَابُ يَوْمَ القِيَامَةِ عَلَى مَنْ حَاسَبَ نَفْسَهُ فِي الدُّنْيَا

Sesungguhnya hisab pada hari kiamat akan menjadi ringan hanya bagi orang yang selalu menghisab dirinya saat hidup di dunia”(HR. Tirmidzi).

Saudara-saudara yang Insya Allah dirahmati Allah!

Lalu Bagaimana cara kita Menghijrahkan diri dengan cara mengevaluasi diri atau mengintrospeksi diri?,

Beberapa cara mengevaluasi Diri, diantaranya:

1.    Membuka Diri dari saran pihak lain
Sebagai manusia biasa tentu diri kita tidak terlepas dari khilaf dan lupa, karena itu tentu kita membutuhkan orang lain yang bisa mengingatkan diri kita dikala lupa atau hilaf. Sebagaimana di sinyalir dalam al Qur’an yang berbunyi:
Artinya: “Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”
       Dari ayat di atas jelas bahwa manusia karena tidak luput dari kesalahan dan lupa maka hendaknya kita bersifat terbuka, atas nasehat, saran dan bermusyawarah guna mengevaluasi diri dengan minta pendapat dari rekan dengan niat untuk mencari kebenaran.
Suatu riwayat dari Imam Bukhari yang menceritakan usul atau pendapat Umar Bin Khattab kepada temannya Abu Bakar Ash-Siddiq ra. Yang saat itu menjabat sebagai khalifah, adapun usul Umar adalah untuk mengumpulkan al-Quran. Tatkala itu Abu Bakr menolak usul tersebut, namun Umar terus berupaya mengusulkan dan mengatakan bahwa hal itu merupakan kebaikan. Pada akhirnya Abu Bakar pun menerima dan mengatakan,
فَلَمْ يَزَلْ عُمَرُ يُرَاجِعُنِي فِيهِ حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ لِذَلِكَ صَدْرِي، وَرَأَيْتُ الَّذِي رَأَى عُمَرُ
Umar senantiasa membujukku untuk mengevaluasi pendapatku dalam permasalahan itu hingga Allah melapangkan hatiku dan akupun berpendapat sebagaimana pendapat Umar” (HR. Bukhari).
Ini menunjukkan bahwa sifat dan sikap Abu Bakar terbuka atas usul bawahannya, selama usul itu untuk kebaikkan dan tentunya dibantu dengan argumen yang benar dan rasional, sehingga menemukan suatu kebaikkan atau jalan keluar.  

1.    Bersahabat dengan rekan yang shalih (Ikatan Ukhuwah Islamiyah)
Bersahabat dengan rekan yang shalih tentunya akan mengingatkan kita dikala kita lupa, membantu kita dikala kesulitan. Yang mengikat persahabatan mereka adalah ikatan Tauhid (Ketuhahan) sehingga tidak mudah goyah, tidak mudah putus tujuannya adalah Allah Swt. Dalam hal ini Rasulullah SAW pernah bersabda, yang berbunyi:
إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ، أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ، فَإِذَا نَسِيتُ فَذَكِّرُونِي
Sesungguhnya aku hanyalah manusia seperti kalian. Aku lupa sebagaimana kalian lupa. Oleh karenanya, ingatkanlah aku ketika diriku lupa” (HR. Bukhari).
            Ketika budaya saling sehat menasehati antar saudara dalam perilaku kaum mukminin, maka seakan-akan mereka itu adalah cermin bagi diri kita yang akan mendorong kita berlaku konsisten. Ikatan Ukhuwah Islamiyah yang terjalin akan mengarahkan kita ke jalan dan pendapat yang tepat, karena itu kita harus berteman dengan seorang yang shalih. Anda dan kita semua jangan mengalihkan pandangan kepada maddahin (kalangan penjilat) yang justru akan mengarahkan dan menggiring kita kejalan yang salah.
إِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِالْأَمِيرِ خَيْرًا جَعَلَ لَهُ وَزِيرَ صِدْقٍ، إِنْ نَسِيَ ذَكَّرَهُ، وَإِنْ ذَكَرَ أَعَانَهُ
Jika Allah menghendaki kebaikan bagi diri seorang pemimpin/pejabat, maka Allah akan memberinya seorang pendamping/pembantu yang jujur yang akan mengingatkan jika dirinya lalai dan akan membantu jika dirinya ingat”(Shahih. HR. Abu Dawud).
Betapa banyak kezhaliman dapat dihilangkan dan betapa banyak tindakan yang keliru dapat dikoreksi ketika rekan yang shalih menjalankan perannya.

2.    Muhasabah Diri dengan Cara Menyendiri
Bentuk evaluasi diri yang juga berguna adalah dengan cara menyendiri untuk melakukan muhasabah (introspeksi diri) dan mengoreksi berbagai amalan yang telah diperbuat.
Diriwayatkan dari Umar bin al-Khaththab, beliau mengatakan,
حَاسِبُوا أَنْفُسَكُمْ قَبْلَ أَنْ تُحَاسَبُوا، وَتَزَيَّنُوا لِلْعَرْضِ الأَكْبَرِ
Koreksilah diri kalian sebelum kalian dihisab dan berhiaslah (dengan amal shalih) untuk pagelaran agung (pada hari kiamat kelak)” (HR. Tirmidzi).

Dalam riwat lain dari Maimun bin Mihran, Rasullah bersabda,
لَا يَكُونُ العَبْدُ تَقِيًّا حَتَّى يُحَاسِبَ نَفْسَهُ كَمَا يُحَاسِبُ شَرِيكَهُ
Hamba tidak dikatakan bertakwa hingga dia mengoreksi dirinya sebagaimana dia mengoreksi rekannya”(HR. Tirmidzi).
            Hadits di atas menunjukkan bahwa pentingnya untuk mengevaluasi diri, dan juga dianjurkan untuk memberikan koreksi yang membangun kepada saudara kita. Namun alangkah baiknya jika mengevaluasi dimulai dari diri sendiri, agar saat mengevaluasi saudara atau teman mudah diterima dan didengarkan, tentunya tidak termasuk kaburomaktan dan juga berdasarkan pendekatan psikologis. Kalau kata Aa Gym atau Abdullah Gymnastiar “Mulai Dari Diri Sendiri”, hehehe...........
            Demikian sepatah dua patah kata dari saya, semoga acara memperingati 1 Muharram ini akan membantu kita berhijrah sesuai dengan hakekat Hijrah sebenarnya.
Selanjutnya kalau ada kata-kata yang salah saya mohon maaf dan kepada Allah Swt saya mohon ampun, akhirul kalam, wabillahitaufiq wal hidayah,

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Baca Juga:

Ceramah Pada Acara Khusus, Tentang:

Khutbah Tema Khusus, Tentang:

Tidak ada komentar :

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net